Korsel: AS-Korut akan kembali berdialog

Perundingan yang ditujukan untuk membongkar program nuklir dan rudal Pyongyang terhenti sejak KTT kedua AS-Korea Utara di Vietnam.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berjabat tangan dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, di samping Presiden AS Donald Trump di zona demiliterisasi (DMZ), Minggu (30/6). ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Pada Kamis (22/8), Wakil Penasihat Keamanan Korea Selatan Kim Hyung-chong mengatakan bahwa Amerika Serikat dan Korea Utara kemungkinan akan segera memulai kembali perundingan denuklirisasi.

Pernyataan itu dilontarkan oleh Kim Hyung-chong setelah bertatap muka dengan Utusan Khusus AS untuk Korea Selatan Stephen Biegun di Seoul.

"Kesan yang saya dapat adalah Korea Utara dan AS akan segera melakukan dialog," kata dia kepada wartawan usai pertemuan selama satu jam.

Perundingan yang ditujukan untuk membongkar program nuklir dan rudal Pyongyang telah terhenti sejak KTT kedua AS-Korea Utara di Vietnam pada Februari gagal menghasilkan kesepakatan.

Kemudian pada Juni, Donald Trump dan Kim Jong-un kembali bertatap muka di Zona Demiliterisasi (DMZ). Pada saat itu, kedua pemimpin sepakat untuk kembali melanjutkan negosiasi tingkat kerja terkait perundingan denuklirisasi.