KTT kedua AS-Korea Utara gagal capai kesepakatan

Trump percaya bahwa kesenjangan pemikiran terkait sanksi dan denuklirisasi dengan Kim Jong-un dapat dijembatani seiring berjalannya diskusi.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbincang di taman Metropole Hotel di sela KTT AS-Korea Utara di Hanoi, Vietnam, Kamis (28/2). ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis

Donald Trump dan Kim Jong-un gagal mencapai kesepakatan bersama dalam KTT kedua Amerika Serikat dan Korea Utara di Hanoi, Vietnam, pada Kamis (28/2).

"Kami memiliki beberapa pilihan, dan kali ini kami memutuskan untuk tidak mengambil opsi apa pun," kata Trump di konferensi pers yang digelar di JW Marriott Hotel sekitar pukul 14.30.

Trump mengadakan konferensi pers tersebut beberapa jam usai mengadakan pertemuan bilateral dengan Kim Jong-un di Metropole Hotel.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyatakan bahwa tim AS dan Korea Utara telah bekerja sama selama berminggu-minggu sebelum KTT ini demi melancarkan jalan menuju denuklirisasi yang ditetapkan pada KTT pertama di Singapura pada Juni 2018.

Menurutnya, baik AS maupun Korea Utara telah membuat kemajuan signifikan selama 36 jam terakhir.