Lulusan Harvard dan Oxford menggerakkan dunia startup teknologi di Vietnam

Kesenjangan antara ambisi teknologi dan kenyataan membentang mulai dari startup hingga pabrik.

Vietnam kirimkan lebih banyak pelajar ke luar negeri dibandingkan jumlah gabungan tiga negara ASEAN lainnya. Foto Lien Hoang-Nikkei Asia


Tran Tuan Anh telah bergabung dengan barisan depan wirausahawan yang membentuk kembali citra dan peran Vietnam dalam perekonomian global saat ini. Namun dia masih ingat betapa buruknya prestasinya bertahun-tahun yang lalu di kelas ekonomi untuk para insinyur setelah dia meninggalkan negara komunis itu untuk belajar di Oxford.

Dibekali latihan investasi, Tuan Anh memilih emas -- dan berakhir dengan hasil terburuk kedua di kelasnya. Hal ini menyadarkannya bahwa sebagian besar dunia tidak berpikir seperti Vietnam, di mana banyak orang yang menaruh uangnya pada emas sebelum pasar properti dan saham modern berkembang.

Dia membawa pandangan dunia yang luas itu kembali ke negara asalnya. Saat ini, banyak talenta teknologi yang kembali ke Vietnam, sehingga tidak hanya mendorong rantai pasokan elektronik untuk menantang China, tetapi juga ekonomi digital yang berkembang pesat. Banyak negara bermimpi untuk mengembangkan Silicon Valley ala mereka sendiri. Di Vietnam, pembicaraan tentang pusat inovasi sering kali mengabaikan salah satu keunggulan kompetitifnya: mereka yang pernah belajar di mancanegara.

Vietnam sudah lama mengirimkan lebih banyak mahasiswa ke luar negeri dibandingkan negara-negara tetangganya. Seperti halnya pengungsi pascaperang, para penjelajah dunia ini memperoleh keterampilan dan jaringan yang terbukti berharga setelah kembali. Namun saat yang sama, nafsu berkelana mereka juga menimbulkan pertanyaan tentang kapasitas sistem satu partai (yang dianut Vietnam) dalam mendidik generasi pemikir independen di dalam negeri.

“Pendidikan di Inggris menanamkan dalam diri kita rasa memiliki tujuan dalam bekerja, lebih dari sekedar menghasilkan uang,” kata Tuan Anh, yang tujuannya sendiri, sebagai CEO dari startup Solano, adalah untuk menyebarkan penggunaan panel surya.