Muncul di video terbaru, pemimpin ISIS akui kekalahan

Pada masa jayanya, ISIS menguasai lebih dari 88.000 kilometer persegi wilayah yang membentang melintasi perbatasan Irak dan Suriah.

Ilustrasi / Pexels

ISIS merilis video baru yang menampilkan sang pemimpin, Abu Bakr al-Baghdadi, yang bersumpah akan membalas dendam atas kehilangan wilayah yang diderita kelompok teroris itu.

Baghdadi terakhir terlihat di depan umum pada 2014, ketika dia mengumumkan telah diangkat menjadi pemimpin ISIS yang pada saat itu menguasai lebih dari tujuh juta orang di seluruh wilayah Suriah dan Irak.

Tidak jelas kapan video terbaru direkam. ISIS mengklaim itu direkam pada April. Rekaman itu kemudian diunggah di jaringan media ISIS, al-Furqan.

Dalam video tersebut, Baghdadi mengungkapkan bahwa sejumlah orang di Burkina Faso dan Mali telah bersumpah setia kepadanya.

Selain itu, Baghdadi berbicara mengenai demonstrasi di Sudan dan Aljazair, dia menegaskan bahwa jihad merupakan satu-satunya solusi untuk mengatasi pemerintah tiran. Pada bulan ini, penguasa dari kedua negara tersebut telah dikudeta.