Perdana, Pangeran Harry buka suara pascamundur

Harry dan Meghan mengumumkan mundur sebagai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris pada 9 Januari.

Pangeran Harry saat menghadiri acara olahraga rugbi di lapangan Istana Buckingham di London, Inggris, Kamis (16/1). ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville

Pangeran Harry (35) pada Minggu (19/1), akhirnya bicara langsung mengenai keputusannya dan Meghan Markle (38) mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris. Harry buka suara setelah pada Sabtu (18/1), Ratu Elizabeth menyatakan dukungan bagi kehidupan keluarga kecilnya yang lebih mandiri.

Memulai pidatonya di badan amal Sentebale, Pangeran Harry mengatakan, "Saya dapat membayangkan apa yang mungkin Anda dengar dan Anda baca selama beberapa pekan terakhir. Jadi, saya ingin Anda mendengar kebenaran langsung dari saya sebanyak yang bisa saya bagikan, bukan sebagai pangeran atau duke, tetapi sebagai Harry."

"Inggris adalah rumah saya dan tempat yang saya cintai. Itu tidak akan pernah berubah. Saya tumbuh dengan merasakan dukungan dari mayoritas kalian dan saya menyaksikan kalian menyambut Meghan dengan tangan terbuka," kata Pangeran Harry.

"Ketika Meghan dan saya menikah, kami bersemangat, kami penuh harapan, dan kami di sini untuk melayani. Atas alasan-alasan tersebut maka saya luar biasa sedih bahwa ini telah terjadi. Keputusan yang saya buat bagi istri dan saya untuk mundur bukanlah hal mudah. Melibatkan pembicaraan selama berbulan-bulan setelah tantangan bertahun-tahun."

Lebih lanjut Pangeran Harry menyatakan, "Saya ingin perjelas bahwa ... kami tidak pergi dari Anda. Harapan kami adalah terus melayani ratu, persemakmuran, dan asosiasi militer tanpa pendanaan publik. Sayangnya itu tidak mungkin."