Pertemuan Trump dan Kim Jong-un di DMZ bermula dari Twitter

Pada Jumat (28/6), Trump mengajak Kim Jong-un untuk bertemu. Dia mengatakan ingin berjabat tangan dan menyapa pemimpin Korea Utara itu.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat bertatap muka di Zona Demiliterisasi pada Minggu (30/6). REUTERS/Kevin Lamarque

Sejarah baru terukir pada Minggu (30/6). Donald Trump berjabat tangan dengan Kim Jong-un di Zona Demiliterisasi (DMZ) dan berjalan 20 langkah ke Korea Utara, menjadikannya Presiden Amerika Serikat pertama yang menginjakkan kaki di negara itu.

Jimmy Carter dan Bill Clinton memang pernah melawat ke ibu kota Korea Utara, namun kunjungan tersebut mereka lakukan setelah tidak lagi menjabat sebagai presiden. Barack Obama juga pernah ke DMZ, tetapi dia hanya meneropong dari perbatasan.

Bagi publik, pertemuan dua sosok kontroversial tersebut terbilang dadakan. Bagaimana tidak, Trump tiba di DMZ sekitar satu jam setelah dia mengonfirmasi akan melangsungkan pertemuan dengan Kim Jong-un.

"Senang berjumpa dengan Anda kembali. Saya tidak pernah menyangka akan bertemu di sini," ujar Kim Jong-un kepada Trump seperti dituturkan seorang penerjemah.

Sementara itu, Trump mengatakan, "Momen yang besar. Kemajuan yang luar biasa."