PKB kecam konflik Hamas-Israel: Kembali duduk di meja perundingan

"Kami juga terus mendukung Palestina menjadi negara yang merdeka dan berdaulat."

PKB mengecam konflik Hamas-Israel bahkan menyerukan keduanya kembali duduk di meja perundingan dan berdialog. Dokumentasi KNRP

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengecam konflik Hamas dan Israel. Bahkan, perang keduanya disebut sebagai tragedi kemanusiaan karena merenggut nyawa sipil, menyandera perempuan dan anak-anak, hingga memaksa warga mengungsi.

"Islam lebih mencintai perdamaian daripada peperangan. Kemanusiaan adalah nilai-nilai dasar dari rahmatan lil alamin. Kami mengecam perang Hamas-Israel," kata Ketua DPP PKB, Faisol Riza, dalam keterangannya, Minggu (15/10).

"Kaidah-kaidah agama yang kami yakini justru mengajarkan rasa cinta kasih antarsesama, penghormatan terhadap kelompok lain, dan menjaga persaudaraan umat manusia," imbuhnya.

PKB pun meminta kedua pihak segera kembali membangun dialog. Pun menghentikan segala aksi kekerasan yang merugikan sipil.

"Kami meminta segera menghentikan peperangan, kekerasan, dan kekejaman yang sangat merugikan kedua belah pihak, terutama warga sipil dan kembali duduk di meja perundingan untuk membangun dialog yang setara, sehat, demokratis, dan transparan," imbuhnya.