PM Israel hadapi praperadilan

Netanyahu dihadapkan pada situasi sulit. Selain praperadilan, dia juga tengah berjuang membentuk pemerintahan.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Twitter/@netanyahu

Pengacara yang mewakili Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan menentang tuduhan terkait kasus suap, penipuan dan pelanggaran kepercayaan dalam praperadilan yang dimulai pada Rabu (2/10).

Sidang tertutup pada Rabu merupakan puncak dari investigasi yang telah berjalan selama tiga tahun. Praperadilan berlangsung saat Netanyahu sedang mengalami kesulitan membentuk pemerintahan.

Netanyahu tengah memperjuangkan karier politiknya setelah gagal mengamankan kemenangan dalam dua pemilu legislatif pada April dan September.

Banyak yang menilai upaya Netanyahu mengamankan masa jabatan kelima merupakan cara untuk melindungi dirinya sendiri jika didakwa. Pasalnya, hukum setempat tidak mengharuskan PM Israel untuk mengundurkan diri kecuali jika pada akhirnya mereka dinyatakan bersalah.

Keberhasilan karier politik Netanyahu juga berpotensi membebaskannya dari segala tuduhan. Beberapa sekutunya di parlemen telah menyatakan akan mendorong UU untuk memberinya kekebalan terhadap hukum jika dia tetap menjadi PM.