PM Morrison diyakini menangi Pemilu Australia

Hasil akhir pemilu diperkirakan baru akan diumumkan pada Senin (20/5) sore waktu setempat.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison. Twitter/@ScottMorrisonMP

Perdana Menteri Australia Scott Morrison diyakini akan meraih suara mayoritas dan memenangkan Pemilu Australia. Menurut Komisi Pemilu Australia, Koalisi Liberal-Nasional yang dipimpin Morrison unggul dengan meraih 77 kursi parlemen. Hanya dibutuhkan 76 kursi untuk mengamankan mayoritas.

"Saya selalu percaya pada mukjizat," kata Morrison kepada pendukungnya dalam pidato kemenangan pada Sabtu (18/5) tengah malam waktu setempat.

Dalam pidato kemenangannya, PM Morrison juga mengapresiasi warga Australia yang memilih koalisinya. "Mereka adalah orang-orang Australia yang telah bekerja keras setiap hari ... Mereka adalah warga Australia yang memenangi kemenangan besar malam ini," kata dia.

Pada Minggu (19/5) pagi waktu setempat, Morrison mengikuti ibadah di Gereja Pentecostal Horizon di Sydney. Di tempat itu dia berterima kasih kepada jemaat atas dukungan mereka.

Kemenangan Morrison mengejutkan banyak pihak karena sebelumnya, hasil sejumlah jajak pendapat memperkirakan Partai Buruh akan menang untuk pertama kalinya dalam enam tahun.