Presiden Meksiko tuntut permintaan maaf dari Spanyol

Dalam suratnya, Presiden Meksiko menuntut permintaan maaf atas pelanggaran kolonialisme dan penjajahan.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. Twitter/@lopezobrador_

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador menuntut permintaan maaf atas pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh Spanyol selama masa penjajahan, 500 tahun yang lalu.

Dalam sebuah video yang dia unggah ke Twitter pada Senin (25/3), Presiden Lopez Obrador menyatakan telah mengirimkan surat kepada Raja Spanyol Felipe VI dan Paus Fransiskus.

"Saya telah mengirim surat kepada Raja Spanyol dan surat lain kepada Paus Fransiskus meminta mereka untuk mengakui pelanggaran HAM yang telah terjadi dan agar mereka menyampaikan permintaan maaf kepada penduduk asli Meksiko," ujarnya dalam video tersebut.

Estamos en Comalcalco, vamos a Centla a conmemorar 500 años de la batalla de los españoles contra la resistencia de los mayas-chontales. pic.twitter.com/glYO0eAMtX — Andrés Manuel (@lopezobrador_) March 25, 2019

Dalam konferensi pers hariannya pada Selasa (26/3), Lopez Obrador menekankan bahwa dia tidak ingin bertikai dengan Spanyol. Dia menekankan bahwa hubungan Meksiko dengan Spanyol tidak dalam bahaya.