Raja Malaysia desak parlemen segera bersidang

Kerajaan Malaysia merilis pernyataan di tengah kecaman publik karena parlemen berhenti bekerja selama keadaan darurat berlangsung.

Yang di-Pertuan Agong ke-16 Malaysia Sultan Abdullah Ri'ayatuddin. Instagram/@imanabdullah

Yang di-Pertuan Agong ke-16 Malaysia Sultan Abdullah Ri'ayatuddin telah mengulangi seruannya agar parlemen berkumpul kembali sesegera mungkin. Seruang itu disampaikan setelah ia bertemu dengan para kepala Dewan Tinggi dan Dewan Rendah parlemen pada Selasa (29/6).

"Menyusul pertemuan ini dan konferensi khusus yang diadakan pada 16 Juni, Raja Abdullah menyatakan pandangan bahwa parlemen harus sesegera mungkin menggelar sidang mengikuti pedoman dan prosedur standar Covid-19 yang ditetapkan pemerintah," jelas pernyataan istana.

Kerajaan Malaysia merilis pernyataan tersebut di tengah kecaman publik karena parlemen berhenti bekerja selama keadaan darurat berlangsung di negara itu.

Menurut pernyataan tersebut, sidang parlemen harus segera dilakukan demi memungkinkan proklamasi peraturan darurat yang telah dikeluarkan untuk diajukan di parlemen sebagaimana diatur dalam Pasal 150 (3) Konstitusi Federal.

Pernyataan istana menambahkan bahwa dalam pertemuan tersebut, Raja Abdullah menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas komitmen dan kesiapan anggota parlemen untuk mengadakan sidang parlemen sesegera mungkin.