Raja Malaysia tunjuk Mahathir Mohamad jadi PM sementara

Mahathir Mohamad akan mengelola urusan negara sampai perdana menteri baru ditunjuk.

Mahathir Mohamad. Instagram/@chedetofficial

Yang di-Pertuan Agong Tengku Abdullah menerima pengunduran diri Mahathir Mohamad (94) dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Malaysia. Namun Yang di-Pertuan Agong meminta Dr M, julukan bagi Mahathir, untuk menjadi PM sementara sampai penggantinya ditunjuk.

Kepala sekretaris pemerintahan Malaysia Mohd Zuki Ali menjelaskan bahwa Yang di-Pertuan Agong menerima permintaan Mahathir setelah keduanya bertatap muka.

"Yang Mulia telah memberikan persetujuannya untuk menunjuk Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri sementara, sambil menunggu penunjukan perdana menteri baru. Karena itu, Mahathir akan mengelola urusan negara sampai perdana menteri dan kabinet baru ditunjuk," ujar Mohd Zuki.

Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim (72) dan sejumlah orang dekat Mahathir menuturkan bahwa Dr M mundur setelah ada tuduhan bahwa dia membentuk semacam kemitraan dengan partai-partai oposisi yang dia kalahkan kurang dari dua tahun lalu.

"Dia merasa bahwa dia seharusnya tidak dituduh demikian, diasosiasikan bekerja sama dengan orang-orang yang kami yakini korup," kata Anwar Ibrahim setelah bertemu dengan Mahathir pada Senin pagi. "Dia mengatakan dengan jelas bahwa dia sama sekali tidak akan bekerja sama dengan mereka yang terkait dengan rezim sebelumnya."