Pasukan Saudi mencegat rudal balistik dan drone yang ditembakkan dari Yaman

Pecahan dari salah satu rudal yang tersebar di kota Dammam, melukai dua anak Saudi dan merusak 14 rumah, menurut kementerian pertahanan.

Pejuang sekutu Houthi di Yaman. Pasukan Saudi mengatakan mereka mencegat tiga rudal yang ditembakkan dari Yaman ke arah timur negara itu yang kaya minyak. foto: Yahya Arhab/EPA

Arab Saudi mencegat tiga rudal balistik yang ditembakkan dari negara tetangga Yaman. Rudal itu menargetkan provinsi Timur yang kaya minyak, serta kota-kota Najran dan Jazan di selatan.

Pecahan dari salah satu rudal yang tersebar di kota Dammam, melukai dua anak Saudi dan merusak 14 rumah, menurut kementerian pertahanan.

Koalisi pimpinan Saudi yang memerangi pemberontak Houthi di Yaman mengatakan kepada AFP pada hari Sabtu bahwa mereka telah mencegat serangan rudal balistik, “bersama dengan tiga pesawat tak berawak”. Tidak ada klaim tanggung jawab langsung di media yang dikelola Houthi.

“Pertahanan udara Saudi telah mencegat dan menghancurkan tiga rudal balistik dan tiga drone bermuatan bom yang diluncurkan oleh milisi Houthi yang didukung Iran,” kata juru bicara Brigadir Jenderal Turki Al-Malki dalam sebuah pernyataan, menyebutnya sebagai “perilaku brutal dan tidak bertanggung jawab” oleh Houthi.

Televisi Al-Ekhbariya yang dikelola pemerintah juga melaporkan pencegatan itu, mengutip koalisi yang mengatakan akan mengambil "tindakan tegas" untuk melindungi warga sipil.