Singapura tawari Wapres AS bantuan pesawat tanker untuk evakuasi Afghanistan

Kedua negara menandatangani sejumlah perjanjian untuk meningkatkan kerja sama, termasuk di bidang pertahanan dan keamanan siber.

ilustrasi. foto Pixabay

Singapura menawarkan Amerika salah satu pesawat tankernya untuk mengangkut warga sipil yang ingin dibawa keluar dari Afghanistan.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong memberikan penawaran itu ketika dia mengadakan pembicaraan dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris, Senin ini (23/8). Dalam pertemuan ini kedua negara menandatangani sejumlah perjanjian penting untuk meningkatkan kerja sama, termasuk di bidang pertahanan dan keamanan siber.

Kunjungan Wakil Presiden Harris ke Singapura adalah bagian dari pendekatan diplomatik oleh pemerintahan Biden di Asia Tenggara, kawasan yang dianggap sangat penting bagi kemakmuran dan keamanan masa depan Amerika Serikat, di tengah tindakan agresif China di ASEAN.

Mendapat tawaran untuk membantu AS dalam evakuasinya dari Afghanistan, Harris mengucapkan terima kasih kepada Lee. “Kami berharap untuk menindaklanjuti diskusi itu,” katanya.

Pesawat A330 Multi Role Tanker Transport (MRTT) Angkatan Udara Singapura, yang mencapai kemampuan operasional penuh pada bulan April, mampu melakukan peran pengisian bahan bakar dan pengangkutan udara ke udara secara bersamaan.