Soal isu persekusi Uighur, Arab Saudi dan Suriah dukung China

Terdapat 37 negara yang menyuarakan dukungannya bagi China. Selain Arab Saudi dan Suriah, ada pula Qatar, Korea Utara dan Myanmar.

Ilustrasi / Pixabay

Duta besar dari 37 negara memuji China atas pencapaian luar biasa di bidang hak asasi manusia. Pernyataan ini muncul pada Jumat (12/7), setelah satu hari sebelumnya 22 diplomat secara resmi mengutuk Tiongkok atas isu penahanan massal terhadap etnis minoritas, termasuk Uighur, di wilayah Xinjiang. 

Beijing telah membantah melakukan penyiksaan atau indoktrinasi politik, mereka mengklaim jutaan etnis minoritas di Xinjiang berada di pusat pelatihan kejuruan yang dirancang untuk memerangi terorisme dan ekstremisme agama.

Kantor berita Xinhua melaporkan, negara-negara yang mendukung China mengatakan bahwa pihak-pihak yang mengkritik Beijing telah mempolitisasi isu HAM. Perwakilan dari 37 negara itu memuji upaya Tiongkok dalam melindungi warganya dan mempromosikan HAM lewat pembangunan, menggemakan pernyataan yang lazim disampaikan media pemerintah China.

"Selama tiga tahun terakhir tidak ada satu pun serangan teroris di Xinjiang dan orang-orang di sana menikmati kebahagiaan ... dan keamanan yang lebih besar," sebut pernyataan bersama yang memuat dukungan bagi China tersebut.

Negara-negara yang mendukung China termasuk Arab Saudi, Rusia, Myanmar, Suriah dan Korea Utara.