Sultan Abdullah dari Pahang jadi Raja baru Malaysia

Pemilihan raja Malaysia dilakukan lewat sidang Majelis Raja-Raja yang beranggotakan sembilan sultan.

Sultan Abdullah dari Pahang terpilih menjadi Raja Malaysia. Instagram/@imamabdullah

Sultan Abdullah, penguasa negara bagian Pahang pada Kamis (24/1), menjadi raja baru Malaysia. Pria berusia 59 tahun itu dipilih lewat sidang Majelis Raja-Raja yang beranggotakan sembilan Sultan Malaysia.

Abdullah akan mengisi kekosongan takhta setelah ditinggal raja sebelumnya, Sultan Muhammad V, yang secara mengejutkan melepas jabatannya pada awal Januari 2019.

Penobatan Abdullah dikonfirmasi oleh Penyimpan Mohor Besar Raja-Raja Syed Danial Syed Ahmad. Dan Abdullah akan dilantik dalam upacara tradisional pada 31 Januari.

Malaysia memiliki sistem unik untuk menentukan siapa yang akan menyandang gelar Yang di-Pertuan Agong. Menurut sistem rotasi takhta kerajaan Malaysia, penguasa sembilan negara bagian akan digilir setiap lima tahun sekali.

Sesuai dengan sistem rotasi takhta, ayah Abdullah, Sultan Ahmad Shah, adalah calon raja berikutnya. Tetapi, karena kesehatannya yang terus memburuk, Sultan Ahmad Shah turun takhta pada 15 Januari dan Abdullah dilantik untuk menggantikan ayahnya, menjadi Sultan keenam Pahang.