Tahun baru, Kim Jong-un kunjungi mausoleum kakek dan ayahnya

Kunjungan tersebut merupakan aktivitas publik pertama Kim Jong-un pada 2020.

Kim Jong-un saat mengunjungi lokasi pertempuran di area Gunung Paektu, Ryanggang, Korea Utara, dalam foto tidak bertanggal yang dirilis oleh KCNA, Rabu (4/12). ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi mausoleum kakek dan ayahnya. Kunjungan tersebut merupakan aktivitas publik pertamanya pada 2020 setelah dia mengancam akan memamerkan senjata strategis baru.

Kabar terkait ziarah yang dilakukan Kim Jong-un ke Kumsusan Palace of the Sun, di mana jasad Kim Il-sung dan Kim Jong-il diabadikan, pada awal 2020 diumumkan oleh kantor berita Korea Utara, Korea Central News Agency (KCNA).

Saat ziarah, Kim Jong-un ditemani oleh sejumlah orang dekatnya, termasuk Presiden Presidium Majelis Rakyat Tertinggi Choe Ryong Hae dan Perdana Menteri Kim Jae-ryong. Sejak mengambil alih kepemimpinan Korea Utara pada 2011, mengunjungi mausoleum kakek dan ayahnya merupakan ritual yang dilakukan Kim Jong-un setiap tahun baru. Dia hanya sekali absen melakukannya, yaitu pada 2018.

Sebelumnya, pada puncak sidang pleno ke-5 Komite Sentral ke-7 Partai Buruh yang berlangsung selama akhir 2019, Kim Jong-un memperingatkan soal aksi nyata yang akan mengejutkan. Dia juga mengancam akan memamerkan senjata strategis baru dalam waktu dekat.

Pernyataan Kim Jong-un tersebut hanya dirilis via KCNA bukan pidato tahun baru, seperti yang diprediksi berbagai pihak.