Tak terkena sanksi, sektor pariwisata jadi fokus Kim Jong-un

Kim Jong-un memerintahkan agar fasilitas di resor wisata Gunung Kumgang harus dibangun kembali dengan modern.

Ilustrasi / Pixabay

Kim Jong-un mengatakan fasilitas milik Korea Selatan di resor wisata Gunung Kumgang harus dihilangkan dan dibangun kembali dengan modern oleh Korea Utara. Pernyataan tersebut dipublikasikan oleh media pemerintah Korea Utara pada Rabu (23/10), menggarisbawahi dinginnya relasi kedua negara.

Gunung Kumgang adalah salah satu dari dua proyek ekonomi utama antar-Korea, bersama dengan Zona Industri Kaesong. Di lain sisi, itu juga merupakan tanda penting kerja sama antara kedua Korea setelah Perang Korea. 

Namun, saat memeriksa tempat wisata di pantai timur Korea Utara tersebut, dia mengatakan adalah gagasan keliru menganggap Gunung Kumgang sebagai simbol hubungan Utara dan Selatan. Kim Jong-un menegaskan bahwa resor itu adalah tanah Korea Utara, dan pariwisata di situ tidak boleh berada di bawah kendali Korea Selatan.

"Kami akan selalu menyambut rekan-rekan kami dari Selatan jika mereka ingin datang ke Gunung Kumgang setelah dibangun dengan luar biasa sebagai destinasi wisata kelas dunia," ujar Kim Jong-un seperti dilansir KCNA.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan yang bertanggungjawab atas urusan antar-Korea menuturkan bahwa pihaknya tengah membahas niat Korea Utara.