Trump: tidak ada batas waktu bagi denuklirisasi Korea Utara

Pernyataan Donald Trump terkait dengan denuklirisasi Korea Utara berubah dari masa ke masa.

Donald Trump / Shutterstock

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan "tidak ada batasan waktu" bagi Korea Utara untuk melakukan denuklirisasi dan mereka tidak perlu terburu-buru dalam proses itu.

"Kami tidak memiliki batas waktu. Kami tidak memiliki batas kecepatan. Diskusi tengah berlangsung, dan berjalan sangat baik," ungkap Trump seperti dikutip dari BBC, Rabu (18/7).

"Sanksi-sanksi masih bertahan. Sandera kembali. Tidak ada uji coba. Tidak ada roket yang meluncur selama sembilan bulan, dan saya rasa hubungan berlangsung sangat baik, jadi kita akan lihat bagaimana hasilnya," imbuh presiden ke-45 AS itu.

Itu menandai pergeseran nada dari Trump. Sebelum pertemuannya dengan Kim Jong-un, Trump mengungkapkan bahwa denuklirisasi harus dimulai "tanpa penundaan". Dan pasca-pertemuan, dia menegaskan bahwa proses denuklirisasi akan dimulai "sesegera mungkin".

Janji terkait denuklirisasi terlontar dalam pertemuan bersejarah Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura pada 12 Juni lalu. Namun, kesepakatan itu tidak memiliki jadwal atau proses pelaksanaannya.