Terseret skandal, Pangeran Andrew mundur dari tugas kerajaan

Pangeran Andrew berada di urutan kedelapan suksesor takhta Inggris.

Pangeran Andrew yang berjuluk Duke of York adalah anak ketiga Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. Instagram/@hrhthedukeofyork

Pangeran Andrew (59) dari Inggris pada Rabu (20/11) menyatakan mengundurkan diri dari tugas-tugas publik setelah kontroversi seputar hubungannya dengan mendiang ahli keuangan Jeffrey Epstein memicu gangguan besar pada layanan keluarga kerajaan.

Andrew, anak ketiga Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip membantah tuduhan bahwa dia berhubungan seks dengan seorang gadis 17 tahun yang "diberikan" untuknya oleh Epstein, yang merupakan temannya.

Ada pun Epstein bunuh diri di penjara Amerika Serikat pada Agustus ketika menunggu persidangan atas tuduhan perdagangan seks.

Isu ini telah meningkat sejak Andrew melakukan wawancara dengan BBC pada Sabtu (16/11), di mana banyak yang menilai penjelasannya tidak memuaskan. Sementara, para pengacara bagi korban-korban Epstein menuturkan, sang pangeran menunjukkan sedikit simpati terhadap mereka yang dilecehkan.

"Bagi saya sudah jelas selama beberapa hari terakhir bahwa keadaan yang berkaitan dengan hubungan saya sebelumnya dengan Jeffrey Epstein mengganggu pekerjaan keluarga saya," kata Pangeran Andrew dalam pernyataan yang dirilis Istana Buckingham.