Trump: China akan melakukan apa saja agar saya kalah

Donald Trump yakin bahwa China menginginkan rivalnya, Joe Biden, memenangkan Pilpres 2020.

Presiden Donald Trump saat rapat dengan eksekutif bidang kesehatan di Cabinet Room Gedung Putih, di Washington, Amerika Serikat, Selasa (14/4). ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Rabu (29/4) mengatakan, dia meyakini penanganan Covid-19 oleh China adalah bukti bahwa Beijing akan melakukan apa pun yang mereka bisa untuk membuatnya kalah dalam Pilpres 2020.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters di Ruang Oval, Gedung Putih, Trump berbicara keras soal China. Dia mengatakan tengah mempertimbangkan berbagai opsi terkait konsekuensi atas penanganan coronavirus jenis baru oleh China.

Trump telah menimpakan kesalahan pada China atas pandemik Covid-19 yang telah menewaskan sedikitnya 60.000 orang dan membawa ekonomi AS ke resesi yang dalam, membahayakan harapannya untuk terpilih kembali.

Presiden ke-45 AS itu telah dituduh tidak bertindak cukup dini untuk mempersiapkan AS dalam merespons penyebaran Covid-19. Sebaliknya, Trump mengatakan, China seharusnya lebih aktif dalam memberi tahu dunia tentang virus itu lebih cepat.

Ditanya apakah dia mempertimbangkan penggunaan tarif atas China, Trump tidak menyebutnya secara spesifik, "Ada banyak hal yang bisa saya lakukan. Kami tengah mencari tahu apa yang terjadi."