Trump resmi larang Huawei di AS

Perintah Trump secara efektif melarang perusahaan AS menggunakan perangkat telekomunikasi asing yang memicu risiko keamanan nasional.

Logo Huawei di kantor mereka di Reading, Inggris. REUTERS/Toby Melville

Presiden Donald Trump telah menyatakan darurat nasional untuk melindungi jaringan komputer Amerika Serikat dari apa yang disebut sebagai musuh asing. Perintah eksekutif yang ditandatangani Trump secara efektif melarang perusahaan-perusahaan AS menggunakan perangkat telekomunikasi asing yang diyakini memicu risiko keamanan nasional.

Dalam perintah eksekutif itu tidak disebutkan nama perusahaan tertentu, namun diyakini persis menargetkan Huawei, raksasa telekomunikasi dari China. Sebelumnya, AS telah membatasi badan-badan federal untuk menggunakan produk Huawei.

Menurut pernyataan Gedung Putih, perintah Trump bertujuan untuk melindungi AS dari musuh asing yang secara aktif, semakin menciptakan serta mengeksploitasi kerentanan dalam infrastruktur dan layanan teknologi informasi dan komunikasi.

"Perintah ini memberi menteri perdagangan kekuatan untuk melarang transaksi yang menimbulkan risiko yang tidak dapat diterima bagi keamanan nasional," sebut pernyataan Gedung Putih. 

Sejumlah negara, yang dipimpin oleh AS, telah berkoar-koar bahwa produk Huawei dapat dimanfaatkan oleh China untuk melakukan spionase.