Turki setujui penggunaan darurat vaksin Covid-19 Sinovac

Program vaksinasi Turki akan dimulai pada Kamis (14/1).

Ilustrasi vaksinasi Covid-19 / Pixabay

Otoritas Turki memberikan lampu hijau untuk penggunaan darurat vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh perusahaan farmasi China, Sinovac Biotech, pada Rabu (13/1).

Tindakan ini membuka jalan untuk peluncuran program vaksinasi Turki yang dimulai dengan memprioritaskan para petugas perawatan kesehatan dan kelompok berisiko tinggi lainnya.

Menteri Kesehatan (Menkes) Turki, Fahrettin Koca dan anggota dewan penasihat ilmiah negara tersebut menerima suntikan pertama secara langsung di televisi, segera setelah otoritas pengatur kesehatan, Badan Obat, dan Alat Kesehatan Turki, mengumumkan telah memberikan lampu hijau bagi vaksin Sinovac untuk digunakan.

"Saya sebelumnya mengatakan bahwa ada cahaya di ujung terowongan," kata Koca saat menerima dosis pertama vaksin. "Saya percaya bahwa hari-hari di depan kita akan lebih cerah."

Koca menyatakan, program vaksinasi Turki akan dimulai pada Kamis (14/1), dimulai dengan petugas kesehatan. Dia mendesak semua warga untuk divaksinasi, dengan mengatakan itu adalah cara paling menjanjikan untuk mengalahkan pandemik Covid-19.