Usai tempuh 4.000 km dengan kereta, Kim Jong-un tiba di Korea Utara

Kereta lapis baja yang ditumpangi Kim Jong-un memasuki halaman stasiun kereta di Pyongyang pada Selasa pukul 03.00 waktu setempat.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memberikan karangan bungan di musoleum Ho Chi Minh di Hanoi, Vietnam, Sabtu (2/3/2019), dalam foto yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) pada Sabtu (2/3/2019). ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Kim Jong-un dilaporkan tiba di Korea Utara pada Selasa (5/3), setelah menempuh perjalanan 4.000 km atau satu setengah hari dengan kereta lapis bajanya dari Vietnam, di mana dia menggelar KTT untuk kedua kalinya bersama dengan Donald Trump pada 27-28 Februari. 

Kepulangan Kim Jong-un disambut meriah. Laporan kantor berita Korea Utara, KCNA, menyebutkan bahwa Kim Jong-un menerima penghormatan dari penjaga kehormatan militer dan diberikan buket bunga oleh anak-anak.

"Kim Jong-un ... tiba pada Selasa setelah menyelesaikan kunjungan dengan niat baik ke Republik Sosialis Vietnam ... Pada pukul 03.00, keretanya memasuki halaman stasiun kereta di Pyongyang," sebut KCNA. "Para pejabat senior juga menyambut Kim Jong-un dengan sangat antusias."

Laporan KCNA secara singkat menyinggung KTT AS-Korea Utara, tetapi tidak menerangkan bahwa pertemuan itu gagal menghasilkan kesepakatan apapun.

Setelah KTT dua hari, Kim Jong-un tetap berada di Vietnam untuk melakukan kunjungan resmi. Dia bertatap muka dengan Presiden Nguyen Phu Trong dan meletakkan karangan bunga di makam pemimpin revolusioner Vietnam Ho Chi Minh pada hari terakhirnya di negara itu.