WFP: Warga Yaman yang kami beri makan melebihi populasi Jakarta

Di Yaman terdapat 20 juta orang yang membutuhkan bantuan makanan, dan WFP menyediakan bagi 12 juta di antaranya.

Bantuan pangan WFP. Twitter/@WFP

Direktur Regional World Food Programme (WFP) untuk Timur Tengah Muhannad Hadi menuturkan bahwa perang di Yaman telah memicu krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Yaman, jelas Hadi, adalah negara yang mengimpor 90% kebutuhan makanannya, mereka sangat bergantung kepada seluruh dunia untuk memberi mereka makan. Kini, ditambah dengan situasi perang yang terjadi, ketergantungan itu semakin meningkat.

"Di Yaman ada 20 juta orang yang membutuhkan bantuan makanan, kami menyediakan makanan untuk sekitar 12 juta orang di antara mereka," jelas Hadi dalam diskusi 'A Fight for Food Security: Navigating Humanitarian Responses in the Middle East' di Bengkel Diplomasi Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Mayapada, Jakarta, Rabu (23/1).

Jumlah tersebut lebih banyak dari populasi Jakarta. Menurut data Badan Pusat Statistik pada 2017, populasi DKI Jakarta menyentuh angka 10.117.924 jiwa.

"Bayangkan, skala distribusi makanan WFP di Yaman itu sama dengan kami memberi makan seluruh populasi Jakarta," ungkapnya.