7 cara jitu lawan kantuk saat puasa

Rasa kantuk muncul saat berpuasa biasanya disebabkan karena jam biologis dan metabolisme tubuh mengalami perubahan.

Tidur di masjid. / Antara Foto

Rasa kantuk muncul saat berpuasa biasanya disebabkan karena jam biologis dan metabolisme tubuh mengalami perubahan. Terutama pola makan maupun aktivitas di bulan Ramadan.

Saat ini, umat muslim sudah memasuki puasa hari ke lima. Seharusnya tubuh sudah mulai terbiasa beradaptasi dengan rutinitas sehari-hari yang dikerjakan pada bulan suci Ramadan 1440 Hijriyah ini.

Namun, di sisi lain, tak semua orang bisa beradaptasi secepat itu. Terkadang, saat berpuasa tubuh mengalami rasa kantuk berat pada pagi hari maupun siang hari.

Jika rasa kantuk timbul, maka biasanya siapapun bisa mencari kopi, air dingin, maupun camilan pedas yang membuat segar kembali. Tapi bagaimana apabila kita sedang berpuasa, tindakan apa yang harus kita lakukan untuk mengusir rasa kantuk tersebut? Yuk, simak tips berikut ini.

1. Olah raga pernapasan
Caranya, duduk atau berdiri dengan tegak dan tempelkan salah satu telapak tangan di atas perut. Kemudian, tarik napas dalam-dalam melalui hidung, tahan beberapa detik dan hembuskan udara yang dihisap tadi melalui mulut secara perlahan. Ulangi beberapa kali higga rasa kantuk itu hilang. Menarik napas ini tentunya dapat meningkatkan kadar oksigen dalam otak, sehingga dapat membantu menambah energi dan memicu aktivitas otak.