logo alinea.id logo alinea.id

7 cara jitu lawan kantuk saat puasa

Rasa kantuk muncul saat berpuasa biasanya disebabkan karena jam biologis dan metabolisme tubuh mengalami perubahan.

Annisa Rahmawati
Annisa Rahmawati Sabtu, 11 Mei 2019 03:06 WIB
7 cara jitu lawan kantuk saat puasa

Rasa kantuk muncul saat berpuasa biasanya disebabkan karena jam biologis dan metabolisme tubuh mengalami perubahan. Terutama pola makan maupun aktivitas di bulan Ramadan.

Saat ini, umat muslim sudah memasuki puasa hari ke lima. Seharusnya tubuh sudah mulai terbiasa beradaptasi dengan rutinitas sehari-hari yang dikerjakan pada bulan suci Ramadan 1440 Hijriyah ini.

Namun, di sisi lain, tak semua orang bisa beradaptasi secepat itu. Terkadang, saat berpuasa tubuh mengalami rasa kantuk berat pada pagi hari maupun siang hari.

Jika rasa kantuk timbul, maka biasanya siapapun bisa mencari kopi, air dingin, maupun camilan pedas yang membuat segar kembali. Tapi bagaimana apabila kita sedang berpuasa, tindakan apa yang harus kita lakukan untuk mengusir rasa kantuk tersebut? Yuk, simak tips berikut ini.

1. Olah raga pernapasan
Caranya, duduk atau berdiri dengan tegak dan tempelkan salah satu telapak tangan di atas perut. Kemudian, tarik napas dalam-dalam melalui hidung, tahan beberapa detik dan hembuskan udara yang dihisap tadi melalui mulut secara perlahan. Ulangi beberapa kali higga rasa kantuk itu hilang. Menarik napas ini tentunya dapat meningkatkan kadar oksigen dalam otak, sehingga dapat membantu menambah energi dan memicu aktivitas otak.

2. Gerakkan tubuh
Selanjutnya, bisa menggerakan seluruh anggota tubuh kita dengan cara naik turun tangga atau bahkan jalan kecil dari sudut ruangan ke ruangan lain. Pergerakan tubuh ini dapat membantu pasokan oksigen ke otak. Sebab, jika otak kita kekurangan oksigen, maka kita akan mengantuk.

3. Tidur cukup
Kita harus tidur lebih cepat dan cukup, karena siklus jam tidur saat berpuasa tidaklah sama. Kita harus lebih awal bangun untuk menyiapkan santapan sahur atau sekadar makan sahur saja.

4. Berjemur
Carilah terik matahari atau cahaya yang terang agar tubuh berkeringat dan mata segar kembali. Bahkan, jangan biarkan tubuh Anda terkena angin dari kipas maupun pendingin ruangan. Sebab, jika terkena angin tersebut, yang ada kita tambah mengantuk.

Sponsored

5. Ngobrol
Berbincang atau mengobrol dengan teman atau orang yang ada di sekitar Anda untuk diajak ngobrol sesuatu hal yang seru. Asalkan jangan bergunjing orang lain, mengingat bulan puasa ghibah harus dihindarkan agar amalan ibadah tidak sia-sia. Tak hanya di bulan Ramadan saja sebenarnya, kita memang tidak diperbolehkan membicarakan orang lain. Karena sama saja memakan bangkai saudaranya sendiri kalau dalam ajaran islam.

6. Basuh muka
Anda bisa ke kamar mandi untuk membasuh muka dengan air keran. Tapi ingat, jangan berkumur atau bahkan diminum airnya ya, nanti yang ada puasanya batal.

7. Istirahat
Kemudian yang terakhir jika semua tips tersebut tidak dapat tertolong lagi, maka kita dapat beristirahat sejenak. Namun jangan terlalu lama juga ya, karena menurut seorang spesialis penyakit dalam dan pakar gangguan tidur dari Amerika Serikat, dr. Barry Krakow kita membutuhkan waktu 5-25 menit untuk tidur siang. Selamat berpuasa!