Ali Sadikin memoles wajah Kota Tua

Gubernur Ali Sadikin melakukan restorasi Kota Tua setelah terinspirasi banyaknya bangunan tua saat berkunjung ke Polandia.

Museum Sejarah Jakarta, Senin (26/9/2022). Alinea.id/Fandy Hutari

Ketika berkunjung ke Kota Warsawa, Polandia, Ali Sadikin terkesima menyaksikan banyak bangunan berarsitektur klasik berdiri. Saat itu, Ali belum menjabat Gubernur DKI Jakarta. Ia masih menjadi Menteri Perhubungan Laut, menjabat 1963-1966.

Menurut Arrohman Prayitno, Trubus Rahardiansah, dan Chris Siner Key Timu dalam Ali Sadikin: Visi dan Perjuangan sebagai Guru Bangsa (2004), Ali ke Polandia dalam agenda pengadaan dua kapal selam.

Saking penasarannya, ia lantas bertanya pada orang kedutaan Indonesia di Polandia soal sejarah gedung-gedung tua itu. Mereka menjelaskan, dahulu Warsawa porak-poranda dibom pasukan Nazi Jerman saat Perang Dunia II. Lantas dibangun kembali gedung-gedung yang hancur itu.

“Kunjungan saya ke luar negeri, terus terang berpengaruh pada saya setelah melihat gedung-gedung bersejarah dan merenovasinya,” ujar Ali dalam buku Bang Ali: Demi Jakarta, 1966-1977 (1993) yang ditulis Ramadhan KH.

Bukan cuma di Warsawa Bang Ali terkesan melihat bangunan tua. Kunjungan dia ke Amsterdam, Belanda dan Amerika Serikat di waktu berikutnya, turut membuatnya terkesima.