Dalgona candy: Jajanan tradisional Korea yang sedang viral

Dalgona/ppopgi  juga termasuk permen jenis honeycomb toffee yang ringan, kaku, dan berongga-rongga seperti spons.

Dalgona atau Ppopgi, permen jajanan tradisional Korea. Ilustrasi: Gwangjunewsgic

Bagi kamu yang sudah menonton serial Squid Game, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan Dalgona Candy, yang ada di salah satu permainannya. Di media sosial, seperti TikTok dalgona candy pun viral dan sudah banyak banget yang mencoba membuatnya.

Lalu apa sih dalgona candy itu?

Dalgona candy, adalah permen tradisional dari Korea. Di korea ada dua nama utama yang sering digunakan untuk menyebut jajanan tradisional ini, yaitu Dalgona (달구나), dan Ppopgi (뽑기). Dalgona (달구나) dalam bahasa Korea berarti manis, sedangkan Ppopgi yang berarti 'pick or choose”'

Melansir dari Kimchimari, sesuai dengan namanya permen ini terbuat dari glukosa/gula leleh dan baking soda. Meski mirip keduanya memiliki perbedaan loh. Manis dari permen dalgona berasal dari glukosa sebagai bahan utamanya, bukan gula seperti yang kita ketahui. Sementara, Permen ppopgi inilah yang menggunakan gula. 

Dalgona/ppopgi  juga termasuk permen jenis honeycomb toffee yang ringan, kaku, dan berongga-rongga seperti spons. Lubang atau rongga-rongga itu sendiri terbentuk karena adanya reaksi kimia antara baking soda dengan bahan-bahan lainnya.