Di balik begitu ‘gilanya’ fan sepak bola

Indonesia masuk urutan keempat negara dengan penggemar sepak bola fanatik di Asia, menurut Ticketgum.

Ilustrasi fan sepak bola di sebuah stadion./Foto tookapic/Pixabay.com

Puluhan ribu penonton hadir di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, saat pertandingan pertama tim nasional Indonesia U-17 melawan Ekuador U-17 di ajang Piala Dunia U-17, Jumat (10/11) malam. Bahkan, akun Instagram PSSI sudah mengumumkan tiket pertandingan tersebut ludes sejak Kamis (9/11). Stadion berkapasitas 46.806 penonton itu sesak fan sepak bola untuk mendukung Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan, yang berhasil menahan Ekuador U-17 dengan skor imbang 1-1.

Padahal, ini hanya kompetisi sepak bola dunia antarremaja. Dengan nama-nama pemain yang masih asing di telinga. Namun, penggemar sepak bola Indonesia tetap mendukung tim Garuda berjuang di turnamen kelompok umur berapa pun. Bahkan, di setiap negara di mana tim nasional Indonesia bertanding, pasti ada suporter Merah-Putih.

Di Asia, penggemar sepak bola Indonesia tergolong militan. Hasil riset Ticketgum yang dipublikasikan pada September 2023 menempatkan Indonesia di posisi keempat, bersama Korea Selatan, sebagai negara sepak bola paling “gila”.

“Pecinta sepak bola Indonesia menunjukkan dedikasi dan dukungan yang kuat untuk tim domestik, seperti Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya,” tulis Ticketgum, 21 September 2023.

“Budaya sepak bola negara ini ditandai oleh para penggemar yang loyal dan liga profesional yang berkembang.”