Manfaat tidur cukup untuk kesehatan

Banyak manfaat yang didapatkan dari tidur, mulai dari menurunkan berat badan hingga mengurangi stres.

Ilustrasi. Pixabay

Apakah kamu memasukkan “mendapatkan lebih banyak waktu tidur” sebagai resolusi 2022? Jika belum segera lakukan. Menurut jajak pendapat lembaga kesehatan, Gallup baru-baru ini, 40% orang tidak mendapatkan jumlah tidur yang disarankan setiap malam. Diperkirakan 50-70 juta orang Amerika menderita gangguan tidur kronis, demikian menurut National Institutes of Health.

Terlebih lagi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, kurang tidur adalah epidemi kesehatan masyarakat. Padahal banyak manfaat yang didapatkan dari tidur, mulai dari menurunkan berat badan hingga mengurangi stres. Berikut penjelasannya seperti dilansir Healthline.

Tidur lebih banyak, turunkan berat badan

Apakah kamu ingin menurunkan berat badan tahun depan? "Ketika kita kurang tidur, kita kehilangan kendali diri dan sering tergoda dengan junk food," kata Anda Baharav, seorang peneliti dan pakar tidur Israel serta pendiri Sleep Rate. Kurang tidur terbukti menggodamu dari makanan ringan tinggi lemak dan manis. Kamu juga biasanya akan kelepasan makan kendati sudah di luar jam makan.

Jika tujuanmu adalah untuk menjadi lebih berorientasi pada detail di tahun depan, tidur adalah kuncinya. Kualitas tidur yang buruk dan kurang tidur memiliki efek negatif pada seberapa baik dan berapa lama kamu dapat fokus pada tugas-tugas. Baharav menjelaskan bahwa ketika hutang tidur meningkat, kinerja kognitif akan menurun. Kamu mungkin juga memiliki masalah dengan memori jangka pendek.