Pentingnya liburan bagi anak-anak

Liburan sekolah yang panjang dimanfaatkan orang tua mengajak anak-anaknya rekreasi atau bermain. Apa manfaatnya bagi anak?

Ilustrasi anak-anak yang tengah liburan./Foto geralt/Pixabay.com

Libur sekolah usai ujian akhir semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 sangat panjang, berbarengan dengan libur Natal dan Tahun Baru 2024. Biasanya, kesempatan ini dimanfaatkan orang tua untuk membawa anak-anaknya berlibur.

Sopiah, 42 tahun, misalnya. Ibu rumah tangga yang memiliki tiga anak ini, biasanya mengajak anak-anaknya ke Pantai Ancol, Monumen Nasional (Monas), atau jalan-jalan naik Moda Raya Terpadu (MRT).

“Saya nyari tempat yang bisa dijangkau sama transportasi umum juga, sekalian mencoba memberi anak suasana bagaimana rasanya naik transportasi umum,” kata Sopiah kepada Alinea.id, Jumat (22/12). “Sekadar jalan-jalan aja.”

Pilihan membawa anak-anaknya ke Monas, ujar Sopiah, supaya mereka mengetahui tempat bersejarah di Jakarta. Lalu, ia bilang, memberikan anaknya pengalaman baru naik transportasi umum.

Menurut psikolog anak, remaja, dan keluarga sekaligus Direktur Lembaga Psikologi Daya Insani, Sani Budiantini Hermawan, liburan adalah situasi berhenti sejenak dari rutinitas sekolah yang cukup membuat stres. Jika saat liburan sekolah, anak-anak tak ada kegiatan, misalnya bertemu dan bermain dengan teman-temannya, anak-anak menjadi bosan di rumah.