Kuliner Ramadan: Segarnya berbuka puasa seruput air tajin kekinian

Unik dan menarik, itulah kesan pertama berbuka puasa dengan menyeruput segarnya air tajin di Kawasan Kota Tua Jakarta.

Serba-serbi kuliner berbuka puasa di Cafe Historia Kota Tua Jakarta. / Instagram @historiakotatua

Unik dan menarik, itulah kesan pertama berbuka puasa dengan menyeruput segarnya air tajin di Kawasan Kota Tua Jakarta.

Air cucian beras atau biasa disebut air tajin kini bisa dihidangkan menjadi minuman segar. Jika pada umumnya air tajin disebut sebagai hidangan pengganti susu di masa lalu, kini air tajin menjadi hidangan kaula muda.

Salah satu restoran bernama Historia di kawasan Kota Tua Jakarta menawarkan menu minuman air tajin untuk pengunjungnya. Minuman tersebut menjadi favorit yang menarik di antara minuman lainnya. Tak sedikit generasi kekinian yang penasaran terhadap cita rasa air tajin.

Minuman berwarna putih kental itu lebih nikmat saat dingin untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa. Segelas air tajin disajikan dengan es batu, kayu manis dan taburan serbuk kayu manis di atasnya. Aroma wangi kayu manis yang bercampur dengan air tajin dan es memberikan cita rasa sejuk menyegarkan.

Jika air tajin disebut sebagai pengganti susu, kekentalannya memang serupa dengan susu. Namun, karena disajikan dengan es batu, air tajin tersebut mengendap di bagian bawah, sehingga cita rasanya lebih terasa nikmat jika menyedot air pada bagian bawah dalam gelas tanpa mengaduknya.