Tips investasi persiapan sebelum pensiun

"Kita itu kerja paling 30 tahun hingga pensiun. Kalau setahun kita menabung di bank Rp5 juta, maka 30 tahun hanya Rp150 juta tanpa return"

Idealnya, masa pensiun adalah waktu menikmati istirahat bersama keluarga setelah bekerja selama usia produktif. Sebagai pekerja, tentunya harus memikirkan rencana masa depan dengan cara menyiapkan dana pensiun. / Istimewa

Idealnya, masa pensiun adalah waktu menikmati istirahat bersama keluarga setelah bekerja selama usia produktif. Sebagai pekerja, tentunya harus memikirkan rencana masa depan dengan cara menyiapkan dana pensiun.

Namun, tak banyak masyarakat yang mengetahui bagaimana cara menyiapkan dana pensiun selain menabung di celengan maupun di bank agar uangnya aman. Padahal, banyak sekali instrumen menabung atau investasi saat ini yang memiliki imbal hasil yang tak sedikit.

Head of Sales and Distribution PT Ashmore Indonesia Steven Satya Yudha mengatakan, untuk menyiapkan investasi yang akan dipetik dalam jangka waktu panjang dibutuhkan instrumen investasi dengan return yang bisa menutupi inflasi.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat inflasi tahun kalender Januari-Desember 2018 sebesar 3,13%. "(Dengan demikian) mulailah investasi sejak dini. Sebab jika semakin lama maka persentase porsi untuk investasi pensiun semakin besar," kata Steven di Jakarta, Selasa (12/2).

Steven menjelaskan, inflasi saat ini setiap tahunnya sekitar 3%-4%. Jika tujuan pensiunnya ingin berfoya-foya yang bersifat konsumtif seperti membeli vila, melawan inflasinya akan lebih berat. Menurutnya inflasi untuk konsumtif itu sekitar 10%-20%. Kalau secara keseluruhan memang 3%.