Macam-macam profesi yang lahir dari e-sport

Hobi bermain game online, ternyata kini bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah.

Infografik profesi yang lahir dari e-sport. Alinea.id/Dwi Setiawan

Bermain game online alias gim daring, memang kerap mendapatkan sorotan miring dari masyarakat. Para pemain game online ini biasanya hanya dianggap membuang-buang waktu belaka.

Dari hobi bermain gim itu, ternyata jika lebih diseriusi akan mendatangkan pundi-pundi uang. Pemain gim amatir, bisa mengambil langkah lebih serius dengan menjadi atlet olahraga elektronik (electronic sports/e-sports).

Selain bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah, menjadi atlet e-sport juga dapat meraih gelar juara dunia. Pertandingan-pertandingan e-sport yang digelar di tingkat dunia, telah mengantarkan atlet-atlet asal Indonesia menjadi jawara.

Saat Alinea.id berkesempatan untuk berbincang dengan Dewan Pembina Pengurus Besar (PB) Esports Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, terungkap sejumlah potensi di sektor ini. Mantan calon wakil presiden itu menguraikan peta perbisnisan e-sport di Tanah Air.

Potensi industri e-sport Tanah Air pada 2022 nanti bisa menyentuh angka Rp25 triliun. Sementara untuk industri e-sport global akan tumbuh hingga menyentuh angka US$200 miliar setara Rp2,8 kuadraliun dalam dua tahun mendatang.