Teliti sebelum membeli saat belanja online

Konsumen harus teliti sebelum memilih barang di lapak marketlace.

Ilustrasi Alinea.id/Oky Diaz.

Potensi transaksi di marketplace tercatat bernilai besar. Terlebih sejak masa pandemi yang menjadikan transaksi perdagangan serba daring. Kondisi ini diprediksi akan semakin besar ke depan. 

Data dari Bank Indonesia menunjukkan bahwa transaksi e-commerce (marketplace) sepanjang 2020 mencapai Rp253 triliun dan diperkirakan bisa mencapai Rp337 triliun pada 2021. 

Namun, di belantara platform marketplace, persaingan produk lokal dan impor makin tak terelakkan. Semua pelapak dituntut untuk 'memutar otak' dalam menggaet konsumen.

Memang, pada era pandemi pelapak online mendapat peluang dengan perubahan pola konsumsi masyarakat yang beralih ke belanja daring. Namun, hal ini bukan tanpa halangan. Banyaknya pemain di marketplace membuat persaingan antar pelapak pun kian sengit.

Alinea.id mengulas bagaimana pelapak marketplace lokal berstrategi menghadapi pesaing impor dalam artikel ini.