Hadiah jurnalisme Uni Eropa untuk hormati Daphne Caruana Galizia diberikan kepada tim jurnalisme Pegasus Project

Organisasi terkemuka di belakang proyek ini adalah LSM jurnalisme yang berbasis di Paris, Forbidden Stories.

Simpati untuk Daphne Caruana Galizia. foto: whistleblowersblog.org

Dua hari sebelum peringatan empat tahun pembunuhan jurnalis Malta Daphne Caruana Galizia, sebuah hadiah baru yang diciptakan oleh Parlemen Eropa (EP) telah diberikan kepada sekelompok jurnalis yang mengungkapkan skandal pengawasan ilegal yang dikenal sebagai Pegasus Project.

Organisasi terkemuka di belakang proyek ini adalah LSM jurnalisme yang berbasis di Paris, Forbidden Stories, didirikan setelah pembunuhan Caruana Galizia.

Dua putranya berada di antara ruang pers EP untuk upacara itu. Pendiri Forbidden Stories, Laurent Richard, memuji salah satu dari mereka yang menginspirasi pekerjaan kelompok dalam pidato penerimaannya: "Empat tahun lalu, ibumu terbunuh, Matius, dan kau memberitahuku bahwa kamu ingin melanjutkan pekerjaannya."

Proyek pertama Forbidden Stories adalah untuk mempublikasikan pekerjaan investigasi Caruana Galizia secara global. "Bahkan jika Anda membunuh jurnalis, Anda tidak akan pernah bisa membunuh pesannya. Itu sebabnya kami di sini hari ini," tambah Richard.

Pemenang dipilih oleh juri independen yang terdiri dari perwakilan pers dan masyarakat sipil dari semua 27 negara anggota Eropa.