Kendaraan listrik China merusak lingkungan Indonesia: Jurnalisme lingkungan terbaik tahun 2022

Cerita tersebut menjadi salah satu dari 22 kisah terbaik yang telah ditulis selama 12 bulan terakhir.  

IMIP kompleks industri besar yang dikelola oleh perusahaan patungan China-Indonesia. Foto: Unearthed

Liputan investigatif karya Antonia Timmerman bertajuk 'The dirty road to clean energy: How China’s electric vehicle boom is ravaging the environment (Jalan kotor menuju energi bersih: Bagaimana booming kendaraan listrik China merusak lingkungan) telah dipublikasikan Rest of World.

Cerita tersebut menjadi salah satu dari 22 kisah terbaik yang telah ditulis selama 12 bulan terakhir.  

Pemilihan ini digelar oleh Unearthed. Didirikan pada tahun 2012 sebagai Energydesk, dimulai sebagai tim kecil jurnalis yang berdedikasi untuk melaporkan secara terbuka dan akurat tentang energi dan perubahan iklim. Unearthed meliput lingkungan secara lebih luas, mulai dari hutan dan lautan hingga lebah dan polusi udara, serta politik dan ekonomi yang mendukungnya.

Bagaimana booming kendaraan listrik China merusak lingkungan Indonesia?

Bagi masyarakat yang tinggal di desa nelayan Kurisa, kehidupan sedang diubah oleh revolusi kendaraan listrik. Warga mengeluhkan tingginya tingkat polusi udara dan air beracun dari fasilitas pemrosesan nikel yang tersebar di area tersebut, yang memproduksi komponen utama untuk baterai litium Tesla. Data yang diperoleh Rest of World menunjukkan bahwa “infeksi saluran pernapasan atas telah menempati urutan tertinggi penyakit di desa tersebut” sejak 2018.