Menariknya meliput "orang kampung sini"

Proses kreatif Amaris Castillo diilhami tips dari Lane DeGregory dalam menceritakan kisah sehari-hari.

Amaris Castillo turun untuk berinteraksi dengan dua sosok yang sehari-hari bisa dijumpai di sebuah komunitas, dan ia tuangkan dalam karya feature. Foto Poynter

Membuat berita tentang profil seseorang atau kelompok tidak perlu harus melulu tentang pejabat, artis, atlet ternama atau komunitas penggiat lingkungan yang melakukan hal luar biasa. Orang atau komunitas yang sehari-hari Anda lihat juga memiliki kisah menarik yang perlu dibagi kepada pembaca atau pemirsa Anda.

Amaris Castillo turun untuk berinteraksi dengan dua sosok yang sehari-hari bisa dijumpai di sebuah komunitas, dan ia tuangkan dalam karya feature. Hasilnya, respons berdatangan, dan banyak orang merasa terhubung dengan ceritanya.

Proses kreatif Amaris Castillo diilhami tips dari Lane DeGregory dalam menceritakan kisah sehari-hari. Jadi ini cerita tentang dua jurnalis perempuan. Begini, ceritanya:

Amaris Castillo, kini asisten penulis/peneliti untuk NPR Public Editor dan kontributor Poynter.org. Dia tahu jika dia tidak melakukannya sekarang, dirinya tidak akan pernah memiliki kesempatan lagi. Jadi Amaris memarkir mobilnya dan memburu pasangan tua itu dalam perjalanan sehari-hari mereka.

Saat itu, Castillo seorang reporter untuk The Sun di Lowell, Massachusetts, Amerika Serikat. Selama lebih dari dua tahun, dia mengamati Ismael Rodriguez dan Margarita Garcia Lozada berjalan melewati pusat kota Lowell dalam perjalanan ke dan dari tugas jurnalistiknya. Tubuh Margarita yang setinggi hampir 1,5 meter berjalan tertatih-tatih di belakang alat bantu jalan, rambut abu-abunya selalu tersembunyi di bawah topi merah polos. Ismael menjulang lebih tinggi di atasnya dengan gaya berjalan percaya diri dan leher terbungkus rantai emas dan rosario manik-manik.