Menlu Vivian peringatkan warganya soal agenda asing pengaruhi rakyat Singapura

PM Lee dalam pidatonya mengutip bagaimana ada pesan yang beredar di Singapura dalam bahasa Cina dan Inggris terkait dengan perang Ukraina.

Menlu Vivian peringatkan soal agenda asing pengaruhi rakyat Singapura. Foto: Straitstimes

Pihak luar berusaha mempengaruhi Singapura agar terpikat dengan agenda mereka sendiri, dan rakyat harus waspada terhadap upaya tersebut, kata Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan.

Menlu Singapura meminta warganya untuk tidak mudah tertipu dan beralih ke sumber informasi yang kredibel, untuk imun terhadap diri mereka sendiri agar tidak disesatkan oleh orang lain.

Dalam wawancara video dengan The Straits Times (ST) setelah Rapat Umum Hari Kebangsaan, Dr Balakrishnan ditanya oleh asisten editor video ST Lynlee Foo apakah benar-benar ada orang yang ingin mempengaruhi pikiran warga Singapura untuk motif tersembunyi.

"Jawaban atas pertanyaan itu sangat jelas adalah: Ya. Justru karena kami kecil, tetapi kredibel dan relevan dan independen, apa yang dipikirkan dan dikatakan orang Singapura, dan apa yang diungkapkan Pemerintah atas nama rakyat Singapura, itu penting," katanya.

Dalam pidatonya di Hari Nasional, Perdana Menteri Lee Hsien Loong mengatakan warga Singapura harus waspada terhadap pesan yang dibagikan di media sosial dan secara aktif menjaga diri dari pengaruh asing yang bermusuhan, dari mana pun asalnya. Dia juga memperingatkan bahwa sementara informasi yang dibagikan di media sosial dan platform perpesanan dapat dianggap benar dan kredibel, beberapa dari pesan ini memiliki tujuan tersembunyi untuk membujuk warga Singapura supaya berpihak, atau untuk mengikis kepercayaan mereka pada Pemerintah.