Aparat amankan penyusup demo mahasiswa di Patung Kuda Jakpus

Mulanya, penyusup sempat diamankan mahasiswa sebelum digelandang aparat.

Aparat berpakaian preman mengamankan seorang penyusup demo mahasiswa di Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada Jumat (30/9/2022). Alinea.id/Gempita Surya

Aliansi mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa mengkritik pemerintahan Jokowi-Ma'ruf di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada hari ini (Jumat, 30/9). Dalam aksi tersebut, seorang massa diduga penyusup diamankan petugas.

Seorang massa berjenis kelamin pria yang mengenakan kaos hitam dan topi berwarna senada itu mulanya diamankan mahasiswa. Dia diduga memakai jaket almamater milik kampus lain, tetapi yang bersangkutan tidak berasal dari kampus tersebut.

Sekitar pukul 17.37 WIB, petugas mengamankan orang tersebut dan membawanya menjauh dari massa aksi untuk dimintai keterangan. Saat dikonfirmasi, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin, membenarkannya.

"Ada satu orang yang diamankan," kata Komarudin kepada wartawan di kawasan Patung Kuda Arjuna, Jumat (30/9).

Polres Metro Jakarta Pusat tengah melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada pria tersebut hingga kini. "Kita sedang periksa maksud yang bersangkutan [memakai] jaket almamater orang lain," jelas Komarudin.