BPBD sebut banjir di Kalteng mulai surut

Provinsi Kalteng tetap dalam status tanggap darurat.

Ilustrasi banjir di Kalteng/Foto BNPB.

Banjir yang melanda sebagian wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) sejak akhir Agustus lalu mulai surut di beberapa titik. Hal tersebut, lantaran intensitas mulai menurun.

"Kondisi secara umum pada Minggu (12/9), banjir sudah hampir surut, kecuali Kabupaten Katingan. Pada bagian hilir masih terendam. Jika tidak ada hujan intensitas lebat yang terjadi ke depan, semoga banjir bisa semakin surut," kata Kepala Sub Bidang Kedaruratan BPBD Provinsi Kalimantan Tengah, Alpius Patanan dalam keterangannya, Minggu (12/9).

Menurut Alpius, meskipun mulai surut pihaknya tetap membantu penanganan bencana di kabupaten dan kota terdampak.  "BPBD provinsi masih memberikan dukungan bantuan ke BPBD kabupaten-kota terdampak guna mempercepat penanganan bencana. Dukungan berupa evakuasi masyarakat, memberikan layanan kesehatan dan mendirikan dapur umum," tambahnya.

Dia menjelaskan Provinsi Kalteng dalam status tanggap darurat. Dua daerah yang telah menetapkan status siaga darurat bencana banjir, yaitu Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Murung Raya.

Sebanyak tujuh wilayah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir. Di antaranya, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Katingan, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Gunung Mas.