Buktikan harmonis, DPR tantang Andika-Dudung tampil bersama

"Walaupun sudah saling bantah-membantah di dalam media, baiknya [Andika-Dudung] bisa tampil bersama."

Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa (kanan), menyerahkan tugas dan tanggung jawab jabatan KSAD kepada Jenderal Dudung Abdurachman melalui upacara sertijab di Gedung E Mabesad, Jakarta, pada Jumat (19/11/2021). Dokumentasi Dispenad

Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, dan Kepala Staf TNI Angkata Darat (KSAD), Jenderal Dudung Abdurachman, diminta tampil bersama guna membuktikan hubungan keduanya masih harmonis. Pangkalnya, bagi anggota Komisi I DPR, Bobby Adhityo Rizaldi, isu ini perlu disikapi serius.

"Walaupun sudah saling bantah-membantah di dalam media, baiknya [Andika-Dudung] bisa tampil bersama agar spekulasi yang muncul karena polemik kemarin bisa diselesaikan," katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Kamis (8/9).

Sebagai informasi, Dudung dan Andika tidak tampil bersama dalam kegiatan resmi TNI, beberapa waktu terakhir. Misalnya, Dudung tak mengikuti rapat di DPR, Senin (5/9) kemarin, padahal dihadiri Andika.

Pada Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) 2022, Kamis (8/9), giliran Andika yang berhalangan hadir. Kegiatan tersebut diikuti kepala staf dari tiga matra selain Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Bobby mengungkapkan, isu keretakan hubungan Andika dan Dudung sudah dibaca sejak lama. Pangkalnya, keduanya jarang tampil bersama dalam berbagai agenda, baik rapat bersama Komisi I DPR maupun kegiatan TNI.