Evakuasi rampung, korban tewas kapal tenggelam KM Lestari Maju 34 orang

Tim SAR telah merampungkan evakuasi KM Lestari Maju dengan menemukan 34 korban tewas, 155 orang selamat, dari total penumpang 189 orang.

Berdasarkan manifes resmi, jumlah penumpang mencapai 139 orang. Namun, pada kenyataannya jumlah korban selamat dan meninggal secara keseluruhan mencapai 189 orang, yang artinya 50 orang tidak tercatat dalam manifes. / BNPB

Tim SAR telah merampungkan evakuasi KM Lestari Maju dengan menemukan 34 korban tewas, 155 orang selamat, dari total penumpang 189 orang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan tim SAR Gabungan yang dipimpin Basarnas berhasil mengevakuasi korban penumpang KMP Lestari Maju yang mengalami kecelakaan laut di perairan Selayar, Sulawesi Selatan.

"Sebanyak 34 orang meninggal dunia dan 155 orang selamat. Total korban yang sudah dievakuasi 189 orang," katanya, Rabu (4/7).

Berdasarkan manifes resmi, jumlah penumpang mencapai 139 orang. Namun, pada kenyataannya jumlah korban selamat dan meninggal secara keseluruhan mencapai 189 orang, yang artinya 50 orang tidak tercatat dalam manifes.

Dalam manifes kapal, tercatat mengangkut kendaraan 18 unit roda dua, 14 unit roda empat, 8 unit golongan V dan 8 unit golongan IV. Kapal tersebut juga mengangku mobil boks angkutan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulselbar yang membawa uang tunai Rp35 miliar untuk pembayaran gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS).