Gandeng BNPT, sertifikasi berpotensi sudutkan penceramah

Kemenag segera melakukan sertifikasi penceramah pada 2020.

Ilustrasi ceramah agama. Dokumentasi Pemprov Riau

Anggota Komisi VIII DPR, Bukhori, menyayangkan pelibatan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam program sertifkasi penceramah yang diinisiasi Kementerian Agama (Kemenag). Alasannya, berpotensi menimbulkan stigma negatif terhadap para pendakwah.

"Pelibatan BNPT menimbulkan kesan seolah para penceramah ini membawa bibit radikalisme dan berpotensi menimbulkan stigma negatif kepada para dai/penceramah," katanya dalam keterangan resminya, Selasa (8/9).

Menurutnya, terminologi radikalisme dan radikal perlu diluruskan. Dalam pandangannya, radikalisme merupakan tindakan yang bermuara kepada pembubaran negara atau merebut kekuasaan atau kepemimpinan yang sah.

Sedangkan radikal, kata Bukhori, berkaitan dengan diskursus akademik, kemampuan memikirkan sesuatu sampai ke akarnya sehingga menghasilkan pengetahuan yang kuat dan pemahaman mendalam. 

"Alhasil, apabila orang yang berpikir radikal dianggap sebagai kelompok yang bertentangan dengan bangsa dan negara, bahkan dinilai intoleran. Maka, ada yang salah dengan cara berpikir negara," paparnya.