Indonesia terbaik ketiga pemberantasan korupsi di Asean

Di tengah banyaknya operasi tangkap tangan koruptor, Indonesia ternyata menjadi negara terbaik ketiga dalam pemberantasan korupsi di Asean.

Rektor Universitas Sumatera Utara Runtung Sitepu (kiri) Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman (kedua kiri) Ketua KPK Agus Rahardjo (kedua kanan) dan Ketua Badan Pengkajian MPR Bambang Sadono (kanan) menandatangani naskah deklarasi antikorupsi pada Festival Konstitusi dan Antikorupsi, di kampus USU, di Medan, Sumatera Utara, Selasa (15/5). / Antara Foto

Di tengah banyaknya operasi tangkap tangan koruptor, Indonesia ternyata menjadi negara terbaik ketiga dalam pemberantasan korupsi di Asean.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo, dalam Diskusi Kampus Talk Show Festival Konstitusi Dan Antikorupsi 2018 yang dilaksanakan, di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, mengatakan prestasi itu terbilang membanggakan. 

"Hal itu, juga membanggakan bagi Indonesia, dalam pemberantasan kasus korupsi yang dilakukan para penegak hukum di Tanah Air," katanya, seperti dilansir Antara, Selasa (15/5).

Talk Show tersebut dengan tema "Mengawal Demokrasi Konstitusi, Melawan Korupsi" merupakan kerja sama USU, KPK, Mahkamah Konstitusi dan Majelis Permusyawaratan Rakyat RI.

Agus menyebutkan, pada tahun 1999 indeks korupsi di Indonesia sangat rendah yakni pada angka 17. Sedangkan, indeks korupsi di Filipina yaitu 36, Malaysia 51 dan Singapura 86.