Jawa Barat berencana bangun 9 command center

Pusat kendali provinsi diberi nama Jabar Command Center yang terletak di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung.

ubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memantau perkembangan wabah COVID-19 di wilayahnya menggunakan pusat pengendali terpadu atau Command Centre. Ia juga mendorong setiap kabupaten/kota di Jabar agar memiliki fasilitas serupa agar koordinasi bisa dilakukan lebih efisien. Foto Antara/Dian Hardiana/ Chairul Fajri/ Ardi Irawan)

Beberapa kota di Indonesia berusaha menerapkan smart city atau kota cerdas. Pemerintah sendiri menargetkan 100 smart city dalam beberapa tahun ke depan. Namun di tengah pandemi, sangat mungkin membuat rencana implementasi smart city di berbagai kota jadi terhambat.

Terkait itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat Setiaji mengatakan, Pemprov Jawa Barat sedang mengembangkan command center. Sekarang sudah ada empat command centers yang tersebar di empat kabupaten/kota seperti di Kabupaten Garut dan Kota Bandung. Pusat kendali provinsi diberi nama Jabar Command Center yang terletak di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung.

Di luar empat kabupaten itu, Jawa Barat berencana membangun sembilan command center pada tahun ini, yakni di Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cianjur, Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sukabumi.

“Fungsi command center sangat penting, yakni melakukan integrasi. Selain itu command center akan mendorong kota dan kabupaten mengembangkan konten atau aplikasi untuk bisa diintegrasikan ke pemerintah provinsi bahkan nasional. Diharapkan dua tahun ke depan seluruh wilayah Jawa Barat sudah memiliki command center hingga ke level desa,” jelas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat Setiaji, saat hadir di webinar Tren2021 Smart City di Tengah Pandemi, Kamis (5/11).

Keberadaan command center dinilai penting. Mengingat jumlah penduduk di Jawa Barat hampir 20% dari seluruh penduduk Indonesia, atau lima kali lipat dari penduduk DKI Jakarta. Dengan kondisi ini, tentunya membutuhkan pendekatan yang cukup bijak dengan inisiasi digital.