Jokowi paling banyak dipetisi Change.org

Nama Presiden Joko Widodo paling banyak dipetisikan dalam wadah petisi daring Change.org sepanjang 2018.

Nama Presiden Joko Widodo paling banyak dipetisikan dalam wadah petisi daring Change.org sepanjang tahun 2018. / Facebook

Nama Presiden Joko Widodo paling banyak dipetisikan dalam wadah petisi daring Change.org sepanjang tahun 2018. Total petisi yang diarahkan pada Calon presiden nomor urut 01 tersebut mencapai 2,7 juta petisi.

Direktur Komunikasi Change.org Desmarita Murni mengatakan, nama Jokowi memang konsisten masuk dalam tren laporan tahunan, meski tak selalu yang tertinggi. Jokowi mempertahankan predikat paling banyak dipetisikan sedari 2017, dan hanya tergeser pada 2016 dari Setya Novanto.

"Sebenarnya konsisten tiap tahun Jokowi masuk. Mungkin karena Jokowi aktif di sosial media," paparnya, Kamis (20/12).

Desmarita menjelaskan petisi yang ditujukan ke Jokowi mencakup banyak masalah. Sehingga, membuat nama mantan Wali Kota Surakarta ini pun  menjadi yang terbanyak dipetisikan.

"Jadi bisa saja itu misalkan yang dipetisikan Kementerian Hukum dan HAM itu dimasukkan nama Jokowi, dan terus kalau masalah lingkungan juga walau itu diperuntukan untuk Menteri Lingkungan nama Jokowi juga disertakan," paparnya.