Jokowi serahkan sapi kurban seberat 1 ton di Istiqlal

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Nazarudin Umar.

Presiden Jokowi menyerahkan sapi kurban berjenis simental dengan berat 1 ton di Masjid Istiqlal, Minggu (10/7). Foto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan sapi kurbannya usai melaksanakan salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Minggu (10/7). Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Nazarudin Umar.

Usai melakukan pengecekan sejenak, Jokowi menyerahkan tali yang mengait pada sapi kepada Nazarudin untuk kemudian dipegang bersama. Adapun kurban yang diserahkan adalah seekor sapi berjenis simental yang berwarna cokelat dengan berat 1 ton.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi turut didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Jokowi menyampaikan, Iduladha dimaknai sebagai kegiatan yang bukan hanya berkurban dalam menyembelih hewan kurban, namun juga memberikan kebaikan kepada sesama.

"Hari Raya Iduladha kita maknai sebagai sebuah ketauhidan, sebuah aktivitas yang menebarkan kebaikan yang sebanyak-banyaknya untuk sesama, menebarkan rasa bahagia yang sebanyak-banyaknya kepada kanan, kiri kita," kata Jokowi.

Jokowi juga mendoakan para jemaah haji Indonesia yang sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, agar dapat menjalankan ibadahnya dengan lancar dan diberikan keselamatan hingga kembali ke Indonesia.