JPU nyatakan lengkap berkas tersangka unlawful killing

Penyidik hanya tinggal menyerahkan tersangka dan barang bukti kepada JPU.

Tim investigasi Komnas HAM memeriksa sebuah mobil yang berkaitan dengan kasus penembakan Laskar FPI di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/12/2020)/Foto Alinea/Ayu Mumpuni.

Berkas perkara kasus unlawful killing empat Laskar Front Pembela Islam (FPI) telah dinyatakan lengkap oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kejagung) Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan, berkas itu dinyatakan lengkap hari ini (25/6). Dengan demikian, penyidik hanya tinggal menyerahkan tersangka dan barang bukti kepada JPU.

“Berkas perkara dugaan tindak pembunuhan atas nama tersangka FR dan tersangka MYO sudah lengkap atau P21,” kata Leonard dalam keterangan resminya, Jumat (25/6).

Untuk itu, Leonard mengimbau agar penyidik Bareskrim Polri segera melimpahkan tersangka dan barang bukti. Hal itu demi mempercepat proses pelimpahan perkara ke pengadilan.

“Selanjutnya, JPU meminta kepada penyidik Bareskrim Polri untuk dapat segera menyerahkan tanggung jawab tersangka dan barang bukti guna menentukan apakah perkara tersebut sudah memenuhi persyaratan untuk dapat dilimpahkan ke pengadilan,” ucapnya